Simbol

Simbol

Tips Meredakan Amarah Suami Atau Istri Menurut Syariat Islam



Sahabat Ummi, pernah menghadapi pasangan marah-marah? Entah karena salah paham, sedang badmood, atau mungkin ada masalah besar yang membuatnya stres dan sulit mengontrol emosi.

Nah, jangan sampai kita ladeni amarahnya, karena sama saja menyiram bensin ke bara api! Berikut ini beberapa hal yang perlu kita lakukan saat pasangan marah-marah:

1. Menenangkan diri sendiri agar tak terpancing emosi

Bak petinju, orang yang sedang marah biasanya suka memancing agar lawannya membalas dengan amarah pula. Oleh karena itu, kita perlu tetap menjernihkan pikiran agar tidak terpancing.

Bayangkan kalau pasangan kita hanya sedang stres dan tidak benar-benar marah pada diri kita. Ia hanya perlu melampiaskan emosinya sampai merasa lega.

2. Memintanya mengubah posisi tubuh

Ketika pasangan marah-marah sambil berdiri, giringlah ia agar mau duduk. Misalnya dengan mengusap bahunya sambil mengarahkannya untuk duduk sejenak.

Atau ketika pasangan marah dalam posisi duduk, arahkan ia untuk mengubah posisi menjadi berbaring.

"Jika salah seorang di antara kalian marah ketika berdiri, maka hendaklah ia duduk. Apabila marahnya tidak hilang juga, maka hendaklah ia berbaring." (HR Ahmad).

3. Meminta pasangan untuk berwudhu

Yang lebih baik lagi jika kita bisa mengarahkan pasangan untuk meredakan emosinya dengan mengambil air wudhu.

4. Jika ikut terpancing emosi, bacalah taawudz

"Jika seseorang yang marah mengucapkan; 'A'uudzu billah (aku berlindung kepada Allah SWT, niscaya akan reda kemarahannya." (HR Ibu 'Adi dalam al-Kaamil.) 

5. Jangan pernah meladeni pasangan yang sedang marah, sebaiknya tahan diri dan diam saja tanpa berkata-kata

" … dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memberi maaf orang lain, dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS Ali Imran:134).

"Ajarilah, permudahlah, dan jangan menyusahkan. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaklah ia diam." (HR Ahmad). 

Semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan untuk meredakan kemarahan pasangan.

Foto ilustrasi: google

avatarSampaikanlah Walau Hanya 1 Ayat
Blog ini merupakan kumpulan Artikel Islami dari berbagai sumber. Silahkan jika ingin menyalin atau menyebarkan isi dari Blog ini dengan mencantumkan sumbernya, semoga bermanfaat. “Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR. Muslim).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Tips Meredakan Amarah Suami Atau Istri Menurut Syariat Islam Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top